Senin, 27 Juni 2011

2012, Kereta Gantung Wisata Sambut Pelancong di Tol Pasteur

Tahun depan, Kota Bandung akan memiliki kereta gantung wisata yang akan beroperasi mulai dari Pintu Tol Pasteur lalu menuju Mal Paris Van Java, Ciwalk, dan berakhir di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga). Namun pembangunan proyek tersebut masih menunggu peraturan walikota dan juga feasibility study (FS) menyeluruh.

"Iya kita ingin bangun kereta gantung wisata sekaligus bisa untuk transportasi massal. Diharapkan ini bisa atasi kemacetan pada akhir pekan," ujar Kadishub Kota Bandung Prijo Soebandono saat dihubungi detikbandung melalui telepon, Senin (27/6/2011).

Rencananya kereta akan dirancang bisa mengangkut delapan orang dengan jeda dua menitan. "Tapi itu baru ancang-ancang saja, bisa jadi lebih cepat atau lebih lambat," kata Prijo.

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung, one of the biggest indoor theme park in the world. Located in Bandung, West Java, Indonesia.

Sumber

LifeStyle - Jajanan Bandung

Beberapa tempat makan dan jajanan di Bandung

Sumber

Bandung Tempo Doeloe dan sekarang part 1

Perbandingan beberapa lokasi di Kota Bandung dari jaman dahulu hingga 2008. bragaweg, stasiun kereta api, hotel savoy homann, grand hotel preanger, de vries, concordia-gedung merdeka, gedung bank indonesia, gereja bethel
song: hallo bandoeng by wieteke van dort

Jalan Braga Bandung di suatu malam


Braga, Masa Kini
Seiring dengan perjalanan waktu, kejayaan Jalan Braga lambat laun mulai me-redup. David menyebutkan perubahan drastis kawasan ini sangat terasa antara tahun 1970-1980-an. Paradigma pembangunan yang digembor-gemborkan oleh penguasa kala itu membuat kawasan Jalan Braga semakin semrawut dan rusak.
Menurut David B.Sediono, sebelum tahun 1970-an ada pakem yang sangat dipatuhi. Di antaranya pemilik bangunan tidak boleh membangun gedungnya lebih dari 2 lantai. "Selepas tahun 1970-an, dengan alasan pembangunan, gedung-gedung dibongkar dan di-bangun semaunya sendiri. Akibatnya Jalan Braga justru semakin semrawut," jelasnya.

Wisata Kuliner Bandung

Wisata Kuliner Trans TV 13-06-2008, masih di kota Bandung, bersama Bondan Winarno dan Gwen.

Kamis, 23 Juni 2011

Review Acara Psimfonesia

Pada hari Sabtu tanggal 18 Juni 2011, teman-teman dari Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi Maranatha menggelar sebuah event bertajuk budaya dengan nama Psimfonesia. Acara ini dimulai pada pukul 15.00 dan berakhir pada pukul 23.00.
Acara Psimfonesia ini tidak semarak dengan banyak bintang tamu, psimfonesia hanya menampilkan 5 bintang tamu utama, seperti Teater Topeng Maranatha, MCUC, Sarasvati, Karinding Attack, dan Saratus Persen.
Acara ini dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama diadakan di luar GSG. Acaranya meliputi voting hasil lomba pre event, terdapat stand-stand makanan, alat musik tradisional, dan masih banyak lagi.

review: FIKOMASSIVE “Cruising Around The World”

Fakutas Ilmu Komunikasi Unpad dengan Mahasiswa Humas C Fikom Unpad yang bekerja sama dengan Hima Humas, Hima Mankom dan HMJ mempersembahkan Festival Komunikasi Lintas Budaya dengan nama FIKOMASSIVE   Cruising Around The World” yang bertempat di sepanjang jalan Braga pendek pada tanggal 18 Juni 2011. Acara ini dibuat cukup unik dengan konsep open-air festival yang mengajak pengunjungnya berkeliling dunia dalam satu tempat dan menyuguhkan hiburan yang menarik sekaligus mengandung sisi edukasi yang tinggi bagi masyarakat kota Bandung.

3.591 PKL Gasibu Direlokasi Bulan Depan

Suasana Pasar Gasibu setiap hari minggu
Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini berjualan di kawasan Gasibu akan direlokasi ke Jalan Wirayudha dan Jalan Japati mulai 3 Juli mendatang.
Ketua penataan PKL Gasibu, Timbul Butar Butar mengatakan, proses pendataan PKL Gasibu sudah selesai yakni sebanyak 4.300 pedagang dengan beragam komoditas. Menurut Timbul, 4.300 pedagang tidak bisa tertampung seluruhnya karena keterbatasan lahan yang hanya bisa menampung 1.500 PKL sehingga harus ada seleksi.

Cadangan Air PDAM Masih Cukup Saat Kemarau

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wening Kota Bandung menjamin kebutuhan air bersih selama musim kemarau di Kota Bandung masih cukup.
Direktur Air Minum PDAM Tirta Wening Tarda Setiawan mengatakan, sumber mata air PDAM berasal dari kawasan Bandung Utara, sampai saat ini kecepatan debit airnya masih normal yaitu 2.900 liter per detik, sampai memasuki musim kemarau ini belum ada penurunan kecepatan debit air tersebut.
"Musim kemarau tahun-tahun sebelumnya ada penurunan sampai  20 persen, tetapi tidak pernah kekurangan karena masih ada sumber mata air cadangan dari Situ Cileunca dan Cipanunjang," ujar Tardandi SMAN 2 Bandung Jalan Cihampelas, Kamis (23/6).

Rabu, 22 Juni 2011

Makaroni Panggang di Lapak Tepi Jalan

TIDAK ada makanan di rumah untuk santapan sehabis pulang dari tempat kerja atau kegiatan outdoor lainnya? Jangan khawatir,  cobalah cicipi makanan bercita rasa asing seperti makaroni panggang. Makanan khas Italia yang mulai digandrungi di Indonesia sejak tahun 2000-an ini kini banyak ditemukan di lapak-lapak kaki lima pinggiran jalan.

Semangkuk makaroni panggang ini berisi perpaduan makaroni, daging cincang, bawang bombay, dan saus tomat menjadi bahan utama menunya. Di atas bahan tersebut ditutupi oleh krim keju dan taburan keju parut.

Serbuk daun oregano dan daun basil yang ditambahkan ke dalamnya kian menguatkan cita rasa khas Italia pada semangkuk makaroni panggang ini. Kelezatan makanan Italia ini bisa didapatkan seharga Rp 11.000 di Zupa-zupa 888, Jalan Cijambe, Ujungberung, Bandung. (aa)

sumber

Diawali Modal Dengkul, Kini Raup Omzet Ratusan Juta (FEATURE Bebek Garang)

MENJADI seorang wirausahawan yang meraih kesuksesan, bukanlah hal yang mudah. Banyak kendala yang harus dialami seseorang untuk menjadi seorang wirausahawan.

Sejauh ini, permodalan menjadi kendala klasik bagi seseorang untuk merintis usaha. Namun, kesulitan finansial tidak harus menjadi hambatan atau membuat seseorang mengurungkan niatnya untuk menjadi pengusaha.

Itu dialami Ali Bagus Antra Suantra. Buktinya, anak muda asli Bandung tersebut, kini, menjelma menjadi seorang wirausahawan yang tergolong sukses. Kini, dia memiliki resto bernama Bebek Girang, yang berlokasi di Jalan Sulanjana 19 Bandung. Dia  balik itu, ternyata, Ali harus melakoni rintangan yang berliku dan tidak mudah.

"Ide awal terbentuknya Bebek Garang ini sekitar tiga tahun silam. Ketika itu, saya dan beberapa teman berkumpul. Saat itu, kami berbincang-bincang tentang dunia usaha. Itu karena kami memang ingin membuka usaha," kata Ali  seusai merebut Juara I Youth Start Up Icons di Hotel Aston Pasteur, Jalan Pasteur Bandung, Selasa (21/6).

Wakil Walikota Minta Guru Tak Merokok di Lingkungan Sekolah

Kadisdik Bandung Oji Mahrohi menyatakan guru masih bisa merokok di lingkungan sekolah asal di ruangan khusus sehingga tak ketahuan murid. Namun Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda ingin lebih tegas lagi. Ia meminta agar semua kepala sekolah dan guru tidak merokok di lingkungan sekolah.
"Saya minta ke Kadisdik (Oji Mahroji) agar semua kepsek dan guru tidak ada yang merokok di sekolah. Mereka harus beri contoh bagi siswa," tegasnya usai mengisi Peringatan Hari Tanpa Tembakau di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran, Rabu (22/6/2011).
"Kalau siswa dilarang merokok di sekolah, kepsek sama guru juga jangan merokok di lingkungan sekolah," ungkapnya.
Disinggung apakah selama ini belum diberlakukan, Ayi menyatakan sudah. "Sudah. Tapi ini kembali ditegaskan. Saya minta Kadisdik, berarti ini perintah yang harus dilakukan," jelas Ayi.
Jika masih ada kepsek dan guru merokok di sekolah? "Kita akan kasih teguran dan lakukan pemanggilan," kata Ayi.

sumber (ors/ern)

Liburan Sekolah, Hotel di Bandung Gelar Promo

Memasuki masa liburan sekolah, hotel di Bandung menggelar promo bagi untuk menggaet wisatawan agar mau menginap di hotelnya. Seperti yang dilakukan Grand Hotel Aquila, Jalan Djunjunan. Sejak 18 Juni hingga 18 Juli membuat program School Holiday. Di mana hanya dengan Rp 798 ribu untuk kamar super deluxe mendapatkan breakfast untuk empat orang.

"Dengan asumsi sarapan itu buat ayah ibu dan dua anak. Selama liburan ini kami ingin memanjakan keluarga yang berlibur," ujar PR Hotel Grand Aquila Susanti Jaya kepada wartawan, Selasa (22/6/2011).

Menurutnya dengan lokasi yang strategis dan juga promo school holiday, bisa meningkatkan okupansi hotel. "Alhamdulilah dengan manajemen baru, kami mulai bangkit kembali. Okupansi hotel saat ini rata-rata 85 persen pada weekday dan hampir 100 persen untuk weekend. Itu artinya kini kepercayaan pada hotel kami sudah mulai tumuh," katanya.

sumber (ern/ern)

Perbaikan Drainase Baru di Lima Lokasi

Kepala Dinas Binamarga Kota Bandung Iming Ahmad melayangkan surat peringatan kepada para pemenang lelang pembangunan jalan dan drainase agar segera melaksanakan proyek masing-masing.
"Kami mengirim surat peringatan kepada pemenang lelang agar melaksanakan pembangunan mumpung cuaca sedang bagus," ujar Iming di Balaikota, Rabu (22/6).

DAMRI Operasikan Bus Khusus Perempuan

Perum DAMRI Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/6/2011), mengoperasikan dua bus khusus untuk angkutan perempuan di rute padat Cibiru-Kebon Kalapa, Kota Bandung.
"Bus khusus perempuan ini untuk mengakomodasi aspirasi masyarakat, khususnya kaum perempuan, untuk mendapatkan layanan khusus," kata Kepala Perum DAMRI Kota Bandung, Sudibyo, di Bandung, Selasa.
Meski masih dilayani oleh pengemudi laki-laki, awak lainnya di bus itu yakni kondektur dan kernet, perempuan. Kernet dan kondektur perempuan di bus DAMRI di Kota Bandung itu merupakan yang pertama kalinya, karena sebelumnya awak bus DAMRI semuanya kaum pria.

Mulai Bulan Depan Bandung Terang Benderang

Kota Bandung Juli ini akan terang benderang di beberapa titik karena pembangunan dan perbaikan Penerangan Jalan Umum (PJU) dimulai. "Tahun 2011 sebanyak 480 titik PJU akan dibangun di Jalan Protokol maupun perumahan tersebar di Kota Bandung, " ujar Iming di Balaikota , Rabu (22/6).
Sementara itu anggota DPRD Kota Bandung Lia Noerhambali mengatakan target pembangunan PJU sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sebanyak 1. 250 PJU.
"Target pembangunan PJU sebanyak 1.250 PJU mulai 2009-2013," ujar Lia.
Lia mengatakan, PJU yang sudah  dibangun 351 PJU kemudian tahun 2011 sebanyak 480, sisa dua tahun lagi masing-masing 300 PJU. "Jadi pembangunan PJU sampai tahun 2011 berjumlah 1. 450 titik artinya melampui target yang hanya 1. 250 titik," ujar Lia. (tsm)

Sumber